Rabu, 09 Desember 2015

Ouch, Polemik #PapaMintaSaham Seharusnya Tak Terjadi Andai RUU Otsus Plus Papua Dimuluskan

Media sampai saat ini sedang ramai membahas 'sinetron' mengenai polemik #papaMintaSaham dengan sidang MKD nya, tetapi gagal fokus terhadap kesejahteraan rakyat Papua yang seharusnya menjadi main issue atau isu utama dari akar permasalahan tersebut.

Bencana yang mempermalukan pemimpin tertinggi negara ini seharusnya tidak terjadi andai sedari awal jikalau RUU Otsus Plus Papua dimuluskan untuk menyelesaikan berbagai permasalah di Papua, termasuk cawe-cawe bagi kue yang kini terjadi. Angggota DPR RI asal Papua, Soeleman Hamzah menjelaskan Draft RUU Otsus Plus Papua yang ada saat ini sebenarnya diyakini menjadi solusi masalah Papua yang tidak kunjung usai, karena sudah mengcover di dalamnya masalah-masalah Papua, termasuk masalah sosial di kalangan masyarakat yang tinggal di sekitar Freeport.

Meskipun draft ini sbebanrnya sudah pernah dibahas di DPR periode lalu, namun pembahasannya masih tertunda-tunda hingga kini. Ini diamini oleh pernyataan  Moksen Sirfefa, yang menyatakan Otonomi Khusus adalah opsi paling visible dan moderat yang ditawarkan pemerintah kepada warga Papua sejak 1999. Sayangnya, UU yang ada, UU No 21 tahun 2001, sudah tidak sesuai lagi dengan perkembangan zaman, sehingga harus diperbaharui, sudah ketinggalan zaman. Inilah yang mendesak diselesaikannya RUU Otsus Plus Papua. 

Sumber : Kompasiana

Tidak ada komentar:

Posting Komentar