Jumat, 26 Agustus 2016

Amazing, Warga Sorong Sekarang Telah Menikmati Gas Bumi


PT Perusahaan Gas Negara Tbk (PGN) yang dipimpin Hendi Prio Santoso mulai hari ini memasok gas bumi untuk kebutuhan memasak kepada 3.898 rumah, yang tersebar di 5 kelurahan di Sorong, Papua Barat.

Jaringan Gas Bumi dan Energi Baik ke rumah-rumah di Sorong ini merupakan yang pertama kali di Papua. Infrastruktur ini dibangun oleh Kementerian ESDM kemudian menunjuk PGN sebagai operator untuk mengoperasikan dan menyalurkan gas buminya.

Bagaimana cerita para ibu rumah tangga di Sorong yang pertama kali masak pakai Gas Bumi dan Energi Baik?

"Ibu sangat bersyukur dengan adanya Gas Bumi dan Energi Baik ini, jadi tidak tergantung lagi sama tabung LPG atau minyak tanah," kata Dominggus Safle, ditemui di rumahnya, Jalan Terong, Kelurahan Malawele, Sorong, Papua, Senin (29/2/2016). Dominggus menceritakan, sebelumnya sehari-hari dirinya memasak menggunakan bahan bakar LPG ukurang 12 kg. Namun kadang-kadang tabung isi ulang LPG di Sorong sulit didapat sehingga harganya melambung. "Kalau lagi langka harga LPG 12 kg di Sorong bisa Rp 450.000/tabung, kalau sudah begitu ibu pilih pakai kompor minyak tanah dulu," ucapnya.

Ia mengaku tak terlalu khawatir ketika pertama kali menggunakan gas bumi, karena hampir sama seperti menggunakan LPG, hanya bedanya bila LPG menggunakan tabung, sedangkan gas bumi mengalir melalui pipa gas dan langsung ke dapur. "Jadi ibu tak perlu repot-repot lagi gotong-gotong tabung LPG dari rumah ke warung, gas bumi mengalir 24 jam, dan lebih murah daripada LPG apalagi minyak tanah," tutup Dominggus.

Ditambahkan kata Business Unit Head Gas Products PGN, Wahyudi Anas, sampai Januari 2016 sudah menyalurkan gas ke lebih dari 107.690 rumah tangga di berbagai daerah."Jaringan gas bumi ke lebih dari 107.690 rumah tangga itu, dibangun PGN dengan biaya sendiri tanpa mengandalkan uang negara atau APBN," ungkap Wahyudi.Selain ke rumah tangga, PGN saat ini juga menyalurkan gas ke lebih dari 1.857 pelanggan komersil (rumah makan, mal, hotel, restoran, rumah sakit) dan Usaha Kecil Menengah seperti warteg, jamu, hingga usaha genteng. PGN juga menyalurkan gas ke 1.529 industri dan pembangkit listrik.

"Saat ini PGN telah membangun dan mengoperasikan pipa gas bumi lebih dari 6.970 km. Jumlah ini mempresentasikan 76% dari total seluruh jaringan pipa gas hilir yang ada di Indonesia," tutup Wahyudi.

Tulisan ini disumbangkan untuk jadi artikel situs Si-Nergi 
Sumber:  PGN di sorong

Tidak ada komentar:

Posting Komentar