Kamis, 21 Januari 2016

Sadis, 64 Juta Ton Sampah akan disulap jadi 1TeraWatt listrik!

Kementerian ESDM saat ini sedang melirik potensi sampah menjadi energi terbarukan. Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI melihat potensi Indonesia untuk memiliki sumber energi dari sampah begitu besar. Apalagi tiap tahun Indonesia menghasilkan 64 juta ton sampah. Hal ini harus mulai dimanfaatkan sebagai sumber energi.

Menurut Direktur Pengolahan Sampah Kementerian LHK Sudirman di Balaikota Depok disela - sela Workshop Urgensi Pembangunan Sistem Pengelolaan Sampah di Daerah dengan Kemenko Perekonomian, "ESDM jangan hanya fokus yang itu - itu saja. Tetapi coba kembangkan sampah menjadi energi terbarukan. 64 juta ton sampah se Indonesia. Bayangkan 1000 tonnya itu mampu hasilkan 16 MW listrik," 

Bila 1000 ton sampah menghasilkan 16MW listrik maka 64 juta ton sampah akan menghasilkan 1024000 MW Listrik atau sebesar 1000 Gigawatt atau sebesar 1TeraWatt Listrik! wow..sadis..

Lalu gimana caranya? Sudirman mendorong Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian untuk menggelontorkan subsidi kepada sejumlah daerah yang peduli penuntasan masalah sampah. Ia mengambil contoh cukup memilih 5 kota untuk fokus dalam program pengolahan sampah.

"ESDM harus mulai mikir dari situ. Manfaatkan sampah jadi energi terbarukan, jadi prioritas. Sampah itu justru lebih berkelanjutan kalau yang lain akan habis. Kelihatannya dana yang dimiliki pemda untuk olah sampah enggak cukup, pemerintah pusat harus bantu. Cari lima lokasi dimana pemerintahnya interest betul," katanya.

Ia mencontohkan kota Malang mampu berkomitmen untuk membuat bank sampah induk. Ia juga mendorong Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dengan banyak APBD yang dimiliki fokus mengolah sampah.

Semoga cepat terealisasi agar listrik tdak byar pet lagi, lanjutkan perjuangan energi terbarukan wahai ESDM.

Tulisan ini disumbangkan untuk jadi artikel situs Si-Nergi 
Sumber: Okezone 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar