Kamis, 21 Januari 2016

7 habits of highly success "Energi Baru Terbarukan"

Apa sih syarat yang harus dilakukan oleh pemerintah agar energi terbarukan sukses?, Energi Baru dan Terbarukan (EBT) diharapkan akan mampu menjadi alternatif energi jangka panjang bagi Indonesia. Pasalnya, permintaan energi nasional tumbuh lebih tinggi dibandingkan permintaan energi global. Menurut International Energy Agency (IEA), pertumbuhan energi global pada dekade ini mencapai 1,4 persen. Bandingkan dengan pertumbuhan permintaan energi nasional yang mencapai 3 hingga 4 persen per tahunnya.
Untuk itu, EBT merupakan suatu keharusan untuk dapat dikembangkan oleh Indonesia. Menyikapi hal ini, Pertamina dalam dialog pada acara Pertamina Energy Forum telah menyampaikan tujuh hal yang perlu disediakan oleh pemerintah agar EBT dapat segera digunakan oleh masyarakat.

"Ke depan, dalam rangka keberlanjutan penyediaan energi, pemerintah harus menerapkan skema petroleum guna meningkatkan cadangan terbukti migas dan serius menggunakan EBT," tutur Corporate Secretary PT Pertamina (Persero) Wisnuntoro di Jakarta, Rabu (25/11/2015).

Menurut Wisnuntoro, ada 7 hal yang harus diperhatikan oleh pemerintah agar dapat segera memanfaatkan EBT.

Ketujuh hal tersebut adalah :
1.Penetapan harga jual listrik sesuai tingkat keekonomian, 
2.Pemberian subsidi, 
3.Pemberian insentif, 
4.Kemudahan perizinan, 
5.Penataan lahan untuk kepentingan energi, 
6.Tata kelola pemerintahan yang terjaga dan bersih, 
7.Serta penegakan hukum yang adil.

Bila 7 habits ini diterapkan pemerintah, niscaya Energi Baru dan Terbarukan-EBT dapat dinikmati oleh masyarakat dengan biaya yang lebih terjangkau.

Tulisan ini disumbangkan untuk jadi artikel situs Si-Nergi 
Sumber: Okezone 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar